All New Toyota Kijang Innova Zenix Diproduksi di Indonesia


Jakarta

Toyota meresmikan produksi mobil hybrid pertama mereka di Indonesia, Kijang Innova Zenix. Sesuai namanya, mobil hybrid pertama Toyota Indonesia yang diproduksi di pabrik Karawang ini berbasis MPV (Multi-Purpose Vehicle) terpopuler mereka, Innova.

Produksi Innova Hybrid Zenix diresmikan dalam acara bertajuk ‘The New Toyota Electrified Vehicle Production Line-off Ceremony’ yang digelar di Karawang Plant I PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Senin 21 November 2022.

“Hari ini adalah tonggak lain dalam perjalanan kami (Toyota). Saya ingin merayakan peluncuran pertama di dunia mobil nasional ikonik Indonesia, Kijang,” kata Hao Quoc Tien, Chief Executive Officer Toyota Motor Corporation untuk Wilayah Asia dan Presiden Toyota Motor Asia Pacific, dalam sambutannya.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Toyota Kijang Innova Zenix Foto: (Luthfi Anshori/detikOto)

“Terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas dukungan penuhnya, terutama untuk kendaraan listrik hybrid. Kami yakin dapat meningkatkan model elektrifikasi secara masif dan memproduksinya untuk pasar Indonesia, termasuk untuk ekspor,” lanjut Hao.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, pemerintah terus mendukung dan mengucapkan selamat atas peluncuran Toyota Kijang generasi terbaru. Pemerintah juga berharap Innova Hybrid bisa diekspor.

Sebagai informasi, Toyota Kijang pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 1977. Saat itu Kijang hadir dengan konsep BUV atau Basic Utility Vehicle.

Menilik sejarahnya, Toyota Kijang Innova telah hadir di Indonesia selama enam generasi dengan berbagai nama umum, dari Kijang ‘Buaya’ (1977-1981), Kijang ‘Doyok’ (1981-1986), Kijang Super (1986-1996), Kijang ‘Kapsule” (1986-2004), lalu Kijang Innova (2004-2015), Kijang Innova Reborn (2015-2022), hingga Kijang Innova Hybrid.

Kehadiran Innova Hybrid akan melengkapi jajaran mobil hybrid Toyota yang sudah ada sebelumnya, seperti C-HR Hybrid, Corolla Altis Hybrid, Corolla Cross Hybrid dan Camry Hybrid.

Toyota sendiri secara resmi akan meluncurkan Innova Hybrid Zenix pada pukul 14.00 WIB, sehingga belum ada informasi detail atau fitur dari mobil ramah lingkungan ini.

Menurut bocoran sebelumnya, Innova Hybrid Zenix akan dilengkapi dengan panoramic sunroof dan ambient light di sekitar sunroof. Tidak hanya itu, ada juga fitur dashcam.

Kabarnya, Innova Hybrid sudah mengusung kursi kapten elektrik di baris kedua. Lalu tipe tertinggi, ada bodykit Modelista dengan velg 18 inci.

Selain itu, ada beberapa pihak yang menyebut Innova hybrid ini akan beralih ke sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD). Jika anggapan tersebut benar, berarti Kijang Innova berpaling dari sistem penggerak roda belakang yang sudah puluhan tahun digunakan.

Pada bocoran lainnya, terdapat lima pilihan warna untuk Innova terbaru ini, mulai dari White Pearl, Black, Dark Steel, Grey, hingga Silver. Kemudian untuk tipe Innova akan tersedia dalam beberapa pilihan yaitu G AT Gasoline, G AT Hybrid, V AT Gasoline, V AT Hybrid, dan yang termahal adalah tipe Q Hybrid.

Kehadiran Innova hybrid ini akan menggantikan Innova versi Diesel. Dalam daftar tipe Innova Hybrid yang diperoleh detikcom dari salah satu penjual Toyota, terlihat hanya ada tipe bensin dan hybrid.

Simak video “Proyek Kijang Innova Elektrik Libatkan 100 Teknisi Terbaik Tanah Air”
[Gambas:Video 20detik]
(lua/kering)