Anti Mubazir! Ini 5 Tips Simpan Buah agar Tahan Lama

Jakarta

Buah penting dikonsumsi untuk kesehatan. Namun sayang buah-buahan tidak bisa bertahan lama. Jika Anda ingin menyimpannya lebih lama, Anda dapat mengikuti 5 tips sederhana ini.

Buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral. Buah-buahan penting untuk dikonsumsi karena mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah memberikan energi.

Selain manfaatnya, buah juga cepat busuk sehingga tidak bisa disimpan sebagai makanan ringan dalam jangka waktu lama. Namun tak perlu khawatir, karena ada beberapa trik sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membantu buah lebih tahan lama.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Berikut 5 trik sederhana mengawetkan buah yang dirangkum dari Times of India (19/11).

1. Hitung Jumlah Buah

Jika membeli buah, pastikan Anda membeli dalam jumlah yang tepat. Jangan berlebihan karena buah lebih cepat membusuk. Foto: Getty Images/iStockphoto/show999

Saat berbelanja buah, Anda harus memperhatikan jumlah yang dibeli. Menurut para ahli, jatah harian buah hanya dua buah karena buah merupakan makanan yang lebih mudah rusak.

Pastikan Anda membeli buah dengan praktis dan menghitung buah yang Anda beli. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir tentang sisa makanan.

2. Perhatikan saat membilas buah

Mungkin banyak orang berpikir demikian buah-buahan perlu dicuci dan dibilas sebelum disimpan agar kuman dan bakteri tidak menempel pada makanan bergizi.

Ini benar, tetapi ketika Anda membilasnya, jangan lupa untuk mengeringkannya. Pasalnya, jika ada buah yang tidak dikeringkan dengan baik, kelembapan dapat menyebabkan buah lebih cepat berjamur.

Kalau beli buah sebenarnya bisa langsung disimpan atau kalau memang mau dicuci jangan lupa dikeringkan dengan handuk dapur sebelum disimpan.

Tonton videonya “Cegah haus saat puasa, makan makanan ini saat sahur dan buka puasa”
[Gambas:Video 20detik]