Awas Ketipu! Ini yang Mesti Diperhatikan saat Beli Mobil Klasik


Jakarta

Dalam beberapa tahun terakhir, peminat mobil klasik berkembang pesat di Indonesia. Tak hanya kalangan tua, generasi muda pun mulai menyukai kendaraan lawas ini. Nah, agar tidak tertipu, apa saja yang harus diperhatikan saat membeli mobil klasik?

Bei Budiono, kolektor sekaligus pemilik bengkel mobil klasik ‘Hobby House’ di Tangerang Selatan mengatakan, saat ini banyak penjual mobil klasik yang nakal dan memasang harga yang tidak wajar. Parahnya, tak sedikit pembeli baru yang akhirnya tertipu karena ‘ngidam’ alias tidak sabar.

“Harga mobil klasik ini kosong (tidak pasti), jadi banyak (yang menipu pembeli dengan harga mahal). Tapi ada yang mau beli, orang sudah mau,” kata pria yang biasa disapa Pakde ini. Bei kepada detikOto, dikutip Sabtu (19/11/2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Menurut Bei Budiono, meski harga mobil klasik fluktuatif, nilai pasarnya bisa kita pantau di internet. Setidaknya, meski berbeda, angkanya tidak terlalu jauh. Sementara itu, ada tiga hal yang harus diperhatikan konsumen sebelum membeli unitnya dari dealer atau kolektor.

“Pertama dan yang paling penting lihat kertasnya dulu, jangan sampai bermasalah. Kedua, lihat nomor rangkanya dan ketiga nomor mesinnya,” ujarnya.

Koleksi mobil klasik Bei Budiono. Foto: Agung Pambudhy

Uniknya, kata Bei, kondisi fisik bukanlah hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil klasik. Menurutnya, tampilan kendaraan lama tentu tidak seanggun dan sebagus kendaraan baru. Oleh karena itu, luka tipis tidak menjadi masalah asalkan bisa diperbaiki.

“Syaratnya sederhana, bisa ditipu. Sekarang sudah banyak pelukis dan pemugar yang pandai, sehingga bisa diubah kembali menjadi sesuatu yang baru,” terangnya.

Pak De Bei Budiono adalah pecinta mobil klasik, konservator dan pecinta mobil antik. Mayoritas mobil antik tersebut adalah Mazda B 600 yang seunik kotak sabun. Ini potretnya. Foto: Agung Pambudhy

Lebih lanjut, tambah Bei, banyak penjual suku cadang atau aksesoris mobil klasik saat ini juga ‘menembak harga’. Bahkan tak sedikit dari mereka yang sengaja memanfaatkan ketidaktahuan pembeli. Untuk itu, ia berharap para pemilik mobil klasik memperdalam pengetahuannya tentang kendaraan ini.

Bei menduga harga mobil klasik ke depannya bisa melambung lebih tinggi lagi. Pasalnya, dari tahun ke tahun, penggemarnya terus bertambah. Menurutnya, setinggi apapun harga yang ditetapkan, permintaan akan selalu ada.

“Pasti ada yang mau mengakomodir mobil. Dunia itu sebenarnya lengkap. Ada penjual, pasti ada pembeli,” ujarnya.

Simak Videonya “Yuk! Cek Garasi Bei Budiono, Kolektor Unik Puluhan Mobil Klasik”
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/kering)