Bea Balik Nama Kendaraan Gratis, Ini Syaratnya


Jakarta

Pengalihan nama merupakan salah satu proses perubahan identitas pemilik kendaraan karena beberapa hal seperti jual beli. Membeli kendaraan bekas juga membutuhkan perubahan nama. Namun, terkadang pembeli kendaraan bekas menghadapi biaya transfer yang tinggi.

Kini, Pemprov Jabar sedang menyiapkan program BBNKB II. Program ini berlaku mulai 1 November hingga 23 Desember 2022.

Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) adalah pajak atas peralihan hak milik atas kendaraan bermotor sebagai akibat kesepakatan antara dua pihak atau karena perbuatan atau keadaan sepihak yang terjadi sebagai akibat dari jual beli, tukar tambah, hibah, pewarisan, atau entri. menjadi badan usaha.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Untuk mendapatkan BBNKB gratis dari Pemprov Jabar, syaratnya kendaraan yang dibalik namanya bukan kendaraan baru yang dibeli dari dealer. BBNKB II adalah biaya transfer untuk kendaraan bekas.

BBNKB II terdiri dari beberapa jenis, antara lain pengalihan kepemilikan kendaraan karena pembelian kendaraan bekas, pengalihan kepemilikan kendaraan karena pewarisan, pengalihan kepemilikan kendaraan karena pemberian, dan pengalihan kepemilikan kendaraan karena pemberian. lelang.

Syarat pengembalian nama kendaraan bekas antara lain STNK asli, E-KTP asli pemilik baru, SKKP/SKPD terbaru, BPKB asli, bukti serah terima, kendaraan dibawa ke Samsat, bukti hasil cek fisik . Semua file difotokopi.

Mekanisme pengelolaan yang pertama adalah wajib pajak mengambil dokumen kearsipan di Depot Kearsipan. Kemudian melakukan pemeriksaan fisik kendaraan, selanjutnya menyerahkan persyaratan di loket pendaftaran, membayar BPKB PNBP di loket pembayaran, mengecek kepemilikan di loket progresif, serta melakukan pendaftaran & penyerahan dokumen di loket pendaftaran.

Selanjutnya petugas akan menentukan besaran pajak, BBNKB, dan SWDKLLJ serta STNK dan PNBP TNKB. Wajib Pajak selanjutnya melakukan pembayaran di loket pembayaran, menerima SKPD/SKKP yang terdaftar & STNK yang telah disetujui di Loket Penyerahan dan mengambil TNKB Baru di Bengkel TNKB.

Keuntungan mengganti nama kendaraan bekas adalah legalitas kepemilikan kendaraan bermotor terjamin, mempermudah administrasi pembayaran PKB, dapat memanfaatkan berbagai fasilitas pelayanan Samsat, memudahkan klaim asuransi kecelakaan, dan terhindar dari dampak penyalahgunaan kendaraan. oleh pihak lain. , dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah.

Simak Video “Takjub dengan Kecanggihan Toyota Innova Zenix Hybrid”
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)