Bikin Awet Muda! 7 Makanan Ini Cegah Kerutan Kulit Wajah

Jakarta

Selain obat perawatan kulit, konsumsi makanan juga berpengaruh pada usia kulit. Makanan ini dianjurkan untuk mencegah keriput dan menjaga agar wajah selalu teratur awet muda.

Melindungi wajah dari paparan sinar matahari dan rutin menggunakan produk perawatan kulit adalah cara terbaik untuk menjaga kulit tetap awet muda. Ternyata ada juga cara alami tanpa bahan kimia yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan.

Para ahli gizi dan kecantikan sepakat bahwa gaya hidup melalui asupan makanan juga sangat mempengaruhi kondisi kulit dalam jangka panjang. Rinky Kapoor selaku konsultan dermatologi mengatakan, ada beberapa makanan terbaik yang tidak hanya mencegah penuaan tapi bahkan bisa menghilangkannya.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Penuaan pada wajah terutama disebabkan oleh garis halus dan kerutan yang muncul di beberapa titik di wajah. Rinky menyarankan makanan enak yang mudah didapat untuk dimakan secara rutin agar wajah tetap awet muda. Periksa daftarnya!

Baca juga: Duh! Restoran Bintang Michelin Gordon Ramsay Diserang oleh Aktivis Lingkungan

Berikut 7 makanan pencegah penuaan menurut Health Shots:

Bayam adalah sayuran padat nutrisi yang direkomendasikan untuk menjaga keremajaan kulit. Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra

1. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang dikemas dengan vitamin, zat besi, magnesium, dan beta karoten. Bayam juga dianggap sebagai sayuran yang cocok untuk menjaga kelembapan kulit dan tinggi antioksidan.

Konsumsi bayam secara rutin dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat segar. Bayam yang sangat mudah diolah juga baik untuk menjaga agar rambut tetap tampak berkilau dan kuat.

2. Brokoli

Bentuk brokoli yang unik ternyata memiliki komposisi nutrisi dan vitamin yang tak kalah unik. Brokoli mengandung sifat anti-inflamasi dan anti-penuaan yang tinggi.

Ini karena brokoli kaya akan vitamin C, K, serat, folat, lutein, dan kalsium. Jika Anda rutin mengonsumsi brokoli, ahli dermatologi mengatakan ada manfaat untuk membantu menjaga kekenyalan kulit yang bisa didapatkan.

3. Kacang

Besar kecilnya makanan bukanlah penentu kepadatan kandungan gizi, bahkan pada kacang-kacangan kecil pun kandungan vitaminnya begitu padat. Kacang-kacangan seperti almond, kenari dan lainnya mengandung lemak sehat seperti omega-3 dan vitamin E.

Kandungan dalam kacang-kacangan sangat baik untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan juga membantu memperbaiki kerusakan tersebut. Asam lemak yang ditemukan dalam kacang-kacangan juga terbukti membuat kulit bercahaya.

Baca juga: Restoran Salt Bae Terkenal Dunia Selalu Mengundang Kontroversi

Makanan lain untuk menjaga wajah awet muda ada di halaman berikutnya.