Bukan Honda-Yamaha, Tim Ini Diyakini Bisa Imbangi Ducati di MotoGP 2023


Jakarta

Legenda balap hebat di awal tahun 2000-an, Max Biaggi memuji tim Ducati di MotoGP musim lalu. Menurutnya, selain pembalap yang hebat, Ducati juga memiliki motor kencang yang sangat sulit dikejar. Lalu, tim mana yang menurut Anda bisa bersaing dengan mereka di musim mendatang?

Dikutip dari Corsedimoto, Max Biaggi mengatakan, 2022 adalah tahun gila bagi Ducati. Sebab, selain juara di MotoGP, tim asal Italia itu juga meraih gelar juara WSBK. Namun, musim depan ada tim yang kemungkinan besar bisa menyaingi performa Ducati.

“Ducati melewati tahun yang gila. Tapi, saya yakin Aprilia perlahan bisa bersaing dengan mereka,” kata Max Biaggi dikutip detikOto, Kamis (24/11/2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Max Biaggi. Foto: NurPhoto melalui Getty Images/NurPhoto

Menurut Biaggi, musim depan Aprilia akan memiliki formasi yang lebih baik dari musim lalu. Tim hitam akan diperkuat tim satelit yang diisi Miguel Oliveira dan Raul Fernandez.

Oliveira pun menunjukkan kualitasnya saat tes Valencia awal November lalu. Saat itu, ia langsung menembus posisi 4 besar pembalap tercepat. Bahkan, baru pertama kali ia mencoba motor RS-GP. Tak heran jika Biaggi menaruh harapan besar pada Aprilia.

“Miguel Oliveira melakukannya dengan sangat baik (di tes Valencia). Memang benar dia menggunakan ban yang lebih lembut dan lebih cepat daripada Aleix Espargaro, kabar baiknya dia meninggalkan KTM ke Aprilia dan langsung merasa lebih baik,” ucapnya.

Aleix Espargaro dan tim Aprila. Foto: MotoGP

Jika melihat lineup tim Aprilia musim depan, pabrik Noale terlihat sangat kuat. Aleix Espargaro dan Maverick Vinales membela tim pabrikan, sementara Miguel Oliveira dan Raul Fernandez mengisi tim satelit.

“Menambah dua Aprilia (sepeda motor) menjadi empat membuat pertukaran data bisa membantu mempercepat pengembangan RS-GP,” ujarnya.

Aprilia sebenarnya sudah menunjukkan performa terbaiknya di MotoGP 2022. Bahkan, mereka berhasil finis di posisi tiga besar klasemen akhir konstruktor. Tak hanya itu, Aleix Espargaro juga mampu menuntaskan musim di urutan keempat.

Tonton Video “Aprilia Scooter Autos dari Italy SR GT 200”
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/lth)