Cara Perpanjang STNK Tanpa KTP, Siapkan Dokumen Ini


Jakarta

Ternyata perpanjangan STNK bisa dilakukan tanpa menggunakan KTP pemilik kendaraan sebelumnya. Lihat cara dan persyaratan dokumen yang dibutuhkan di bawah ini.

KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli merupakan salah satu syarat yang diperlukan untuk memperbaharui STNK. Tapi itu cukup sulit dilakukan ketika kendaraan yang Anda miliki digunakan. Saat membeli kendaraan bekas, nama di STNK harus nama pemilik sebelumnya.

Untuk itu, saat ingin memperbaharui STNK tetap membutuhkan KTP pemilik sebelumnya. Namun, terkadang menghubungi pemilik lama cukup sulit dan jelas memakan waktu.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Lalu apakah bisa perpanjang STNK tanpa KTP pemilik lama? Jawabannya jelas ya, dan itu dilakukan dengan mengganti nama kendaraan sesuai identitas KTP yang baru.

Metode ini adalah yang paling sederhana dan valid. Jika Anda telah mengubah nama Anda, Anda tidak lagi memerlukan ID pemilik lama untuk memperbarui STNK Anda, tetapi ID atas nama Anda sendiri.

Untuk melakukan proses transfer, ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan dengan rincian sebagai berikut

KTP asli dan fotokopi KTP pemilik kendaraan baru, STNK asli dan fotokopi BPKB asli serta stempel pembelian kendaraan yang ditandatangani penjual sebagai bukti bahwa kendaraan yang dibeli bukan hasil curian. Jangan lupa untuk mencatat nomor rangka dan mesin, warna, dan nomor plat kendaraan pada struk.

Jika semua dokumen sudah siap, Anda bisa langsung mengunjungi Samsat terdekat. Jangan lupa untuk membawa kendaraan yang dibeli untuk pemeriksaan fisik. Selanjutnya transfer nama dengan menyerahkan seluruh dokumen termasuk bukti pemeriksaan fisik ke loket. Jika semuanya sudah selesai, Anda bisa mendapatkan STNK baru.

Sedangkan pengambilan STNK baru dapat dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh petugas. Selanjutnya, Anda dapat melakukan pembayaran di loket.

Simak video “Aturan STNK 2 Tahun Mati Bagi Kendaraan Jadi Bodoh Diterapkan”
[Gambas:Video 20detik]
(kering/makan)