Cek! Ini Tanda-tanda Wiper Mobil Harus Diganti


Jakarta

Di musim hujan seperti sekarang, wiper atau wiper kaca mobil menjadi komponen penting. Hal ini untuk menjaga jarak pandang di jalan atau benda-benda di sekitar kendaraan.

Wiper termasuk dalam komponen yang bergerak cepat atau yang memiliki masa pakai pendek. Oleh karena itu, penting untuk segera menggantinya jika sudah habis, agar tetap optimal penggunaannya.

Laporan dari Hyundai Mobil Indonesia, ada beberapa indikator yang muncul sebagai tanda wiper mobil perlu diganti.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

1. Karet Retak

Secara alami, komponen karet memiliki masa pakai yang terbatas. Bahkan untuk karet pada wiper. Sehingga penting untuk segera mengganti komponen karet ini apabila sudah terlihat retak atau getas agar kinerja wiper bisa lebih optimal.

2. Bangku Menyapu

Tugas wiper adalah membersihkan kaca dari air atau kotoran yang menempel. Jika pada prakteknya proses wiper tampak tidak bersih, hal ini menandakan bahwa wiper harus diperiksa dan komponen diganti jika perlu.

3. Muncul suara abnormal

Pada umumnya saat wiper bekerja untuk membersihkan kaca mobil, akan terdengar suara khas motor yang sedang bekerja atau suara karet yang sedang mengelap kaca. Namun, jika ada suara yang tidak normal seperti suara gesekan, menurut Hyundai, kemungkinan karet tersebut tidak melakukan kontak optimal.

4. Periksa Waktu Penggantian Suku Cadang

Menurut Hyundai, wiper bisa bertahan hingga 6 bulan. Bahkan ada beberapa jenis wiper yang memiliki masa simpan hingga 12 bulan. Penting untuk memeriksa kapan penggantian komponen terakhir dilakukan dan segera menggantinya ketika saatnya tiba.

Simak video “Cara Mudah Mengangkat Wiper Mobil Eropa”
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)