Chery Punya Mobil Listrik Rp 100 Jutaan, Kapan Masuk Indonesia?


Jakarta

Pabrikan roda empat asal China, Chery punya mobil listrik murah bernama Ceri EQ1 di negara asal mereka. Kendaraan berbadan kecil ini cukup laris di daerah setempat. Kapan unitnya masuk dan dijual di Indonesia?

Presiden Direktur PT Chery Motor Indonesia (CMI), Shawn Xu mengatakan, Chery EQ1 merupakan kendaraan yang kehadirannya selalu ditunggu banyak orang di kawasan Asia Tenggara. Tak hanya Indonesia, mobil tersebut juga diharapkan hadir di negara lain.

“Pertanyaan soal ini tidak hanya ditanyakan oleh (pengguna) Indonesia, tapi juga di Singapura dan Thailand,” kata Shawn Xu dalam sesi wawancara eksklusif dengan detikOto di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Sabtu (19/11/2018). ). . 2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Chery EQ1 Foto: Chery

Shawn mengaku tidak menutup kemungkinan meluncurkan Chery EQ1 di Indonesia. Namun, mereka tidak ingin terburu-buru. Ia juga belum bisa membicarakan kapan peluncuran akan dilakukan. Sebab, saat ini pihaknya masih fokus membangun brand di Tanah Air.

Menurut Shawn, EQ1 merupakan bukti bahwa Chery memiliki teknologi elektrifikasi. Namun, kata dia, sebelum menjual mobil listrik murni, pihaknya membutuhkan jembatan penghubung berupa mobil hybrid.

“Di China, EQ1 sudah sukses. Tapi kami ingin membangun merek dulu. Kami tidak ingin terburu-buru (meluncurkan mobil listrik). Kami punya teknologinya, kami sudah menyiapkan semua sumber daya. Tapi pertama-tama, kami ingin untuk fokus memasarkan produk-produk besar seperti Tiggo 7 dan 8 atau Omoda 5,” jelasnya.

Chery EQ1 Foto: Chery EQ1

Namun, kata Shawn, mobil listrik adalah sebuah kebutuhan. Padahal, kata dia, kendaraan masa depan di dunia adalah kendaraan listrik (EV). Namun, hingga kini fokus Chery Indonesia belum sampai ke sana. Namun, bukan berarti mereka tidak melakukan persiapan apapun.

“Mobil listrik berkembang sangat pesat di Indonesia. Tapi kami masih butuh waktu ya, tambahan waktu. Chery Indonesia sekali lagi tidak ingin terburu-buru masuk ke pasar listrik. Namun, bukan berarti kami tidak mempersiapkannya, ” dia berkata.

Maklum, sebelumnya Chery EQ1 mendapat sambutan baik di ajang IIMS dan GIIAS 2022. Meski hanya sekedar pajangan, kendaraan mungil ini menarik perhatian banyak pengunjung di pameran tersebut.

Dari segi dimensi, mobil ini hanya memiliki panjang 3.200 mm, lebar 1.670 mm, tinggi 1.550 mm, dan wheelbase 2.150 mm.

Chery EQ1 Foto: Chery EQ1

Meski ukurannya kecil, performa EQ1 cukup impresif. Tenaganya diklaim mencapai 40,7 hp dan torsi 120 Nm. Sedangkan baterainya menggunakan lithium-ion 30,6 kWh dengan jangkauan maksimal 300 kilometer.

Chery EQ1 dilengkapi dengan beberapa fitur umum, seperti rem ABS, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Hill Assist Control (HAC), Hill Descent Control (HDC), dan Power Battery Protection System.

Di China, kendaraan imut ini mulai dibandrol dengan harga 49.800 yuan atau sekitar Rp 110 jutaan. Hmm, kalau masuk Indonesia satu hari, berapa biayanya, detikers?

Tonton Video “Pertemuan Pertama dengan Chery Tiggo 8 Pro: Mesinnya Liar!”
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/rgr)