Di Depan Airlangga, Bos PLN Pamer Belanja Rp 200 T buat Industri Lokal

Jakarta

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan PLN mengalokasikan Rp 300 triliun setiap tahun untuk biaya. Kemudian, sebanyak Rp200 triliun dari Rp300 triliun dihabiskan untuk industri dalam negeri.

Demikian disampaikan Darmawan pada acara Lokomotif PLN 2022. Acara ini dihadiri oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan pengusaha setempat.

“Kita habiskan Rp 300 triliun setahun, Rp 200 triliun dihabiskan untuk industri dalam negeri. Berapa juta pekerja, pekerja yang hidup di ekosistem ini, lebih dari 4 juta pekerja,” ujar Darmawan di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (23/11). . /2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Darmawan mengatakan selama pandemi banyak pemasok komponen PLN pesanan dikurangi. Namun, kini permintaannya meningkat.

Lanjutnya, di tengah pandemi, banyak negara yang tumbang. Namun hal ini tidak terjadi di Indonesia, bahkan Indonesia sedang maju.

“Boroboro kita mundur dengan adanya COVID, kita maju,” ujarnya.

Darmawan mengaku, dulu PLN menghadapi tantangan dimana jika ada komponen yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri maka harus mengimpornya. Namun, PLN terus menyampaikan dalam dua tahun terakhir kapasitas manufaktur dalam negeri perlu dibangun. Menurutnya, hal itu sudah dilakukan.

“Kalau kapasitas manufaktur dalam negeri sudah terbangun, maka dalam lelang kita harus memproduksi komponen yang harus diimpor. Kita tekankan kekuatan dalam negeri,” kata Darmawan.

(acd/das)