Fakta-fakta Kepribadian Ganda, Disebut Dialami Pelaku Video Syur 'Kebaya Merah'

Jakarta

Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan dengan munculnya video menarik dengan salah satu aktris berbaju merah. Video tersebut telah ditonton dan dibagikan ratusan kali melalui aplikasi chat. Polisi kemudian langsung menyelidiki pelaku video porno tersebut dan menemukan bahwa salah satu pelaku (AH) memiliki kepribadian ganda, dengan 31 kepribadian dalam dirinya.

Aktor lain dalam video tersebut, kata ACS, ada berbagai julukan untuk masing-masing kepribadian di AH.

“Dia (AH) mengaku memiliki 31 kepribadian. Namanya antara lain Luna dan Clara,” jelas Plh Kasubdit V Siber Ditreskrimsus Polda Timur Kompol Hariyanto Rantesalu dikutip dari momen Jawa TimurKamis (17/11/2022).

“Nah pas diperiksa, tiba-tiba kepribadiannya berubah. Dari situ jadi ‘Clara’, kepribadiannya gila,” tambahnya.

Apa itu Kepribadian Ganda?

Dalam dunia medis, kepribadian ganda atau yang disebut dengan Dissociative Identity Disorder (DID) berkaitan dengan gangguan identitas. Orang dengan kondisi ini memiliki dua atau lebih kepribadian atau identitas yang terpisah dan berbeda yang mengatur perilaku individu pada waktu yang berbeda.

Seseorang dengan gangguan kepribadian ini dapat memiliki dua atau hingga 100 kepribadian yang berbeda (alter). Dalam beberapa kasus, penderita DID hidup dengan kepribadian yang bukan miliknya selama bertahun-tahun.

Mereka biasanya tidak dapat mengingat beberapa peristiwa yang terjadi saat ‘memerankan’ alter lain. Identitas atau perubahan yang berbeda dapat dilihat dari perbedaan tutur kata, tingkah laku, sikap, pemikiran, dan orientasi gender.

Apa Pemicunya?

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan seseorang memiliki kepribadian ganda. Salah satunya adalah korban pelecehan seksual atau fisik sebagai seorang anak. Tidak hanya itu, kondisi ini juga bisa terjadi akibat pengalaman traumatis lainnya seperti bencana alam atau perkelahian. Gangguan DID biasanya muncul sebagai cara seseorang menjauhkan diri dari trauma.

Tonton Video “Pemerintah Tingkatkan Imunisasi Massal Pasca Epidemi Polio”
[Gambas:Video 20detik]