Gregoria Mariska ke Final Australia Open 2022


Jakarta

Pebulu tangkis Indonesia Gregoria Mariska Tunjung naik dari peringkat dunianya. Dia naik dua peringkat ke posisi 17 setelah finis di Australia Terbuka 2022.

Kepastian tersebut didapat setelah Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) memperbarui posisi per 22 November 2022 di situs resminya.

Jorji, sapaan akrab Gregoria Mariska Tunjung, sebelumnya menduduki peringkat 19 pekan lalu. Namun kini, ia berhasil memperbaiki peringkatnya dengan merangkak di peringkat 17 dunia setelah mengumpulkan 52.711 poin.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Ini merupakan peringkat tertinggi Gregoria sejak terakhir kali Juli 2019. Pada tahun itu, juara dunia junior 2017 itu menduduki peringkat ke-13 dunia.

Berbeda dengan Gregoria, Putri Kusuma Wardani justru mengalami penurunan drastis. Dari posisi ke-38, kini dia berada di urutan ke-46.

Sedangkan juara Australia Open 2022, An Se Young, tetap berada di posisi kedua. Di bawah Akane Yamaguchi yang masih menjadi ratu bulutangkis di sektor tunggal putri.

Perubahan juga tidak berlaku bagi pemain bulutangkis yang menempati 10 besar dunia. Viktor Axelsen masih menjadi yang pertama, diikuti oleh Lee Zii Jia (2, Malaysia) dan Loh Kean Yew (3, Singapura).

Jonatan Christie berada di posisi kelima dengan 76.362 poin dan Anthony Sinisuka gInting berada di bawahnya di posisi keenam dengan 75.649 poin.

Begitu pula dengan ganda putra yang tidak berganti posisi. Ganda Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi masih kuat di posisi pertama, disusul Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di posisi kedua.

Sedangkan dua ganda putra Indonesia lainnya yang berada di peringkat 10 besar dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan masih menempati posisi ketiga dengan 88.055 poin, dan kelima (81.435 poin).

Dari sektor ganda campuran, Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari yang mengumpulkan 55.623 poin menduduki peringkat ke-13.

Sedangkan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati turun satu peringkat. Juara Hylo Open itu sekarang memiliki 48.080 poin minggu ini.

(mcy/afff)