Harga Mepet, Duel Innova Zenix Hybrid Vs Almaz Hybrid Siapa yang Menang?


Jakarta

PT Toyota Astra Motor atau TAM resmi meluncurkan Toyota Innova Zenix Hybrid di Indonesia, Senin (21/11/2022) kemarin. Dikatakan kendaraan keluarga ini akan bersaing dengan Wuling Almaz Hybrid yang lebih dulu diluncurkan. Apalagi dari segi harga, keduanya bisa dikatakan sama.

Toyota Innova Zenix Hybrid dijual mulai dari Rp 458 jutaan, sedangkan Wuling Almaz Hybrid hanya tersedia dalam satu varian dengan harga Rp 470 jutaan. Keduanya berstatus on the road di Jakarta.

Menurut riset detikOto, baik Innova Zenix Hybrid maupun Almaz Hybrid memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing. Nah, bagi yang punya dana Rp 450-500 juta dan bingung memilih salah satu dari kedua mobil tersebut, yuk cari tahu spesifikasi lengkapnya!

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Spesifikasi Innova Zenix Hybrid Vs Almaz Hybrid

Membentuk

Innova Zenix Hybrid memiliki tampilan unik yang lebih berani. Di bagian depan kendaraan menggunakan gril bening dengan ukuran yang cukup lebar. Sedangkan lampunya dibuat bergelombang di bagian bawah dan alis mata meruncing tajam.

Kemudian pada bagian tengah hingga belakang, pabrikan menghadirkan banyak lekukan yang membuatnya semakin sporty. Tak hanya itu, lampu belakang juga terlihat modern berkat kombinasi desain dan aksen baru.

Antelope Innova Zenix Hybrid. Foto: Pradita Utama

Di sisi lain, Almaz Hybrid terlihat lebih kalem dan memiliki ‘family look’. Desain kendaraannya tidak setajam Innova Zenix. Bahkan tampilannya hampir tidak ada bedanya dengan versi biasa.

Perbedaan paling kontras terlihat pada Almaz Hybrid terletak pada aksen biru yang disematkan di beberapa titik. Aksen berfungsi untuk menonjolkan efek elektrifikasi kendaraan.

Wuling Almaz Hybrid Foto: Dok. Wuling Motor

Selain itu, Almaz Hybrid juga menggunakan headlamp atau lampu depan dengan desain unik, yakni senada dengan alis yang sejajar dengan kap mesin. Desainnya membuat kendaraan terlihat garang dan menakutkan.

Fitur

Innova Zenix Hybrid yang menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA) GA-C hadir dengan berbagai fitur dan teknologi unggulan. Misalnya layar MID berukuran 7 inci dengan setir mewah, koneksi Bluetooth, Wi-Fi, pengenalan suara, NFC dan layar tambahan di baris kedua untuk varian tertinggi.

Selain itu, ada Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB + BH), Tombol Start Stop + Smart Entry. Untuk tipe Q HV terdapat wireless charger dan 4 slot USB C serta Digital Auto AC with Dual Zone.

Toyota resmi meluncurkan Kijang Innova Zenix Hybrid. Penambahan nama Zenix membuat mobil ini benar-benar berbeda. Foto: Pradita Utama

Sedangkan untuk varian tertinggi yakni Q HV, terdapat captain seat, kursi sandaran elektrik ottoman, power tailgate dengan Voice Command untuk membuka bagasi, Panoramic View Monitor, dan DVR yang berfungsi sebagai kamera dashboard.

Beralih ke Almaz Hybrid, kendaraan asal China tersebut juga ditanamkan berbagai fitur unggulan, seperti Wuling Remote Control Application dengan teknologi Internet of Vehicle (IoV) yang memungkinkan pengguna terhubung sepenuhnya dengan mobil melalui aplikasi MyWuling+.

Tak hanya itu, Almaz Hybrid yang juga menggunakan panoramic sunroof didukung dengan fitur voice command yang dalam bahasa Indonesia disebut WIND. Berkat teknologi tersebut, pengendara dapat mengoperasikan berbagai fitur hanya dengan mengucapkan ‘Halo Wuling’.

Wuling Almaz Hybrid Foto: Luthfi Anshori/ detikOto

Almaz Hybrid juga dilengkapi dengan Advanced Driver Intelligent System (ADAS) untuk memberikan kemudahan dan rasa aman saat berkendara. Teknologi ini terdiri dari 4 kategori fungsional yaitu Adaptive Cruise Control, Lane Recognition, Safe Distance and Braking Assistance, dan Automatic Light.

Selain itu, terdapat fitur keselamatan seperti Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake Energy Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), Hill Hold Control (HHC ). , SRS. Kantung udara depan dan samping, Sistem Pemantauan Tekanan Ban (TPMS), sensor parkir, dan alarm anti-pencurian.

pertunjukan

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid memadukan mesin 2.000 cc M20A-FXS TNGA (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik bertenaga 113 PS dan 205,9 Nm. Alhasil, tenaga gabungan tersebut mencapai 186 PS atau 183 hp.

Sedangkan transmisi CVT berkode K120 dengan empat mode berkendara yaitu Eco, Normal, Power dan EV.

Mesin Toyota Kijang Innova Zenix Foto: Dok. Toyota-Astra Motor

Di sisi lain, Wuling Almaz Hybrid dibekali mesin Atkinson cycle 2.000cc, naturally aspirated, 4-silinder segaris, dengan motor listrik berlabel Permanent Magnet Synchronous Motor. Bekal tersebut memungkinkan kendaraan menghasilkan tenaga sebesar 174 hp dan torsi puncak 320 Nm.

Mesin Almaz Hybrid menggunakan sistem transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) dengan tiga mode berkendara yaitu EV Mode, Series Hybrid dan Hybrid Parallel.

harga

Innova Zenix Hybrid hadir dalam berbagai varian dan harga, sedangkan Almaz Hybrid hanya memiliki satu tipe yang bisa dipilih. Berikut detikOto rangkum daftar harga lengkapnya.

Innova Zenix Hybrid

2.0 G HV CVT (Warna Non Premium): Rp 458 Juta 2.0 G HV CVT (Warna Premium): Rp 461 Juta 2.0 V HV CVT Non Modelista (Warna Non Premium): Rp 522,15 Juta 2.0 V HV CVT Non Modelista (Warna Premium) : Rp 525,15 juta 2.0 V HV CVT Modelista (Warna Non Premium): Rp 532 juta 2.0 V HV CVT Modelista (Warna Premium): Rp 535 juta 2.0 Q HV CVT TSS Non Modelista (Warna Non Premium) : Rp 601,15 juta2.0 Q HV CVT TSS Non Modelista (Warna Premium): Rp 604,15 juta 2,0 Q HV CVT TSS Modelista (Warna Non Premium): Rp 611 juta 2,0 Q HV CVT TSS Modelista (Warna Premium): Rp 614 juta.

Berlian Hibrida

Almaz Hybrid: Rp 470 juta.

Tonton “Canggih! Ini Wujud Wuling Almaz Hybrid Terbaru”
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)