Imbas Gempa Cianjur, PLN Siaga Dampak ke Gangguan Listrik

Jakarta

PT PLN (Persero) segera melakukan pemeriksaan terkait aset kelistrikan yang terdampak gempa bumi Magnitudo (M) 5,6 mengguncang Cianjur, Jawa Barat.

Manajer PLN UP3 Cianjur Muhammad Hermansyah mengatakan hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan pendataan aset jaringan listrik yang terdampak. Sementara dilaporkan sebanyak 21 pelanggan distribusi (penyumpan), 1.957 gardu distribusi dan 366.675 pelanggan kehilangan pasokan listrik.

“Saat ini kami terus memantau situasi pasokan listrik di wilayah Cianjur pasca gempa. Petugas kami masih mendata aset jaringan yang terdampak,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (21/11/2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

PLN mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap bahaya listrik jika terjadi bencana. Penghuni dapat mematikan listrik secara mandiri dari Mini Circuit Breaker (MCB) di kWh meter.

Untuk mengetahui informasi terkini atau menyampaikan pengaduan terkait kelistrikan, masyarakat dapat mengaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile.

Sebelumnya dikabarkan lokasi gempa berada 10 km barat daya Kabupaten Cianjur yang dilaporkan terjadi pada pukul 13.21 WIB. Getarannya terasa di seluruh Jakarta dan sekitarnya.

BMKG menyebut gempa ini tidak berpotensi tsunami. Meski begitu, masyarakat diimbau untuk mewaspadai kemungkinan gempa susulan.

“Hati-hati terhadap kemungkinan gempa susulan,” tulis BMKG dalam laman resminya.

(bantuan/dna)