IMI Jawa Tengah Mau Bangun Sirkuit Multifungsi di Solo


Jakarta

Ketua MPR RI dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengucapkan selamat atas terpilihnya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai Ketua Dewan Pertimbangan IMI Jateng. Menurutnya, kehadiran Gibran bisa mempererat keluarga besar IMI Jateng yang dipimpin Ketua Frits Yohanes dan Sekretaris Lilik Kusnandar.

Apalagi tahun depan, tepatnya Agustus 2023, Solo akan menjadi tuan rumah kejuaraan balap nasional dan internasional. Mulai dari freestyle, drifting, road race, hingga slalom. Bahkan, IMI berencana menjadikan Solo sebagai tuan rumah ajang bergengsi Asian Stunt Rider yang dihadiri oleh para freestyler papan atas dari berbagai negara di dunia.

“Kegiatan ini sangat penting, karena Indonesia khususnya Jawa Tengah sudah memiliki local hero di bidang gaya bebas. Salah satunya adalah Wawan Tembong yang beberapa kali menjuarai kejuaraan dunia gaya bebas bergengsi seperti Bangkok Motor Show 2019 dan Asia 2019. Burapa Stunt Battle,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (19/11/2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Hal itu disampaikannya usai bertemu Gibran di Solo, Kamis (17/11) lalu. Ketua DPR RI ke-20 itu menjelaskan, berbagai kejuaraan gaya bebas tingkat nasional dan internasional bisa digelar di kawasan Stadion Manahan. Sejak dulu, stadion ini menjadi lokasi Road Race Kejuaraan Provinsi Jawa Tengah 2022.

Dengan dukungan Gibran, kata dia, IMI Jateng bersama Pemda setempat juga akan mencari lahan sekitar 1-3 hektare untuk membangun sirkuit multifungsi. Kemudian sirkuit ini bisa digunakan untuk berbagai kejuaraan, seperti road racing, drag racing, slalom, freestyle dan lain-lain.

“Keberadaan sirkuit ini sangat penting untuk mewadahi antusiasme masyarakat Solo yang memang meminati mobilitas olahraga dan otomotif. Kesuksesan Sirkuit Internasional Mandalika dengan World Superbike dan MotoGP yang diprakarsai oleh Presiden Joko Widodo sebagai Bapak Otomotif Indonesia, telah menginspirasi dan membangkitkan semangat para pecinta otomotif dari awal hingga daerah. , pengusaha swasta hingga masyarakat lainnya, untuk bersama-sama memeriahkan kegiatan olahraga dan mobilitas otomotif di daerahnya masing-masing,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Pemuda Pancasila menjelaskan, sebagai bentuk dukungan untuk mensukseskan dan memeriahkan pembangunan Institut Nusantara, IMI juga siap membangun lintasan balap listrik di kawasan Kepulauan Nusantara di Kalimantan Timur. Sehingga diharapkan dapat menjadi bahan bakar lahirnya atlet-atlet balap berkualitas internasional yang dapat mengharumkan nama negara. Sekaligus menjadi destinasi wisata olahraga otomotif yang mampu memberikan efek ekonomi ganda bagi masyarakat IKN Nusantara.

“IMI memiliki SDM yang luar biasa dan berpengalaman dalam membangun sirkuit. Salah satunya Dewan Pembina IMI Pusat Tinton Soeprapto yang merupakan sosok profesional berpengalaman dalam membangun Sirkuit Internasional Sentul, sirkuit internasional pertama di Indonesia,” ujarnya.

“Untuk membangun Sirkuit di kawasan IKN Nusantara, IMI akan bekerja sama dengan mitra, seperti yang dilakukan IMI dalam membangun Sirkuit Internasional Bintan di Pulau Bintan, Batam dengan menggandeng Gallant Venture Pte LTD, perusahaan investasi asal Singapura. Begitu juga dengan Agung Sedayu Group untuk membangun PIK 2 International Circuit Great 1 di kawasan PIK Jakarta,” pungkas Bamsoet.

Simak Video “Pertemuan MPR dan Wiranto Cs Bahas Evaluasi Pelaksanaan Pilkada”
[Gambas:Video 20detik]
(pf/ego)