Kabar Produksi Motor Listrik Vespa di Cikarang


Jakarta

PT Piaggio Indonesia mencatatkan kesuksesan baru dengan mendirikan fasilitas pabrik di kawasan Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. Kementerian Perindustrian mendesak agar merek asal Italia itu segera beralih ke elektrifikasi.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan, proses pembangunan pabrik Vespa berjalan cepat. Hanya dalam waktu satu tahun pabrik Vespa sudah mulai komersial. Ada pembahasan soal elektrifikasi di Indonesia dengan bos Vespa.

“Kami sudah lama berdiskusi tentang elektrifikasi dan saya kira Piaggio Group akan segera dimulai, sekarang sudah mulai melakukan persiapan dan desain. Karena elektrifikasi membutuhkan teknologi, teknologi akan terus berkembang, terutama baterai. Dan ini akan menjadi strategi tersendiri bagi perusahaan termasuk Piaggio Group untuk masuk ke elektrifikasi,” jelas Agus di lokasi, Rabu (22/11/2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Peresmian pabrik tersebut dihadiri oleh Chief Product and Global Strategy Executive Piaggio Group, Michele Colaninno, Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan juga Duta Besar Italia untuk Indonesia, HE Benedetto Latteri.

Head of PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega menyatakan bahwa Vespa memiliki komitmen yang panjang untuk Indonesia. Untuk tahap awal, pabrik Vespa baru memproduksi tipe LX 125 i-Get.

“Kita baru memulai perjalanan panjang ke sini dengan biaya (investasi awal) 20 juta rupiah, kita akan step by step di sini,” kata Marco saat peresmian di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022).

“Ini baru permulaan, sudah lama,” kata Agus.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia memiliki roadmap tahun 2030 yang diproyeksikan menjual 13 juta unit sepeda motor listrik dan 2,2 juta unit mobil listrik. Peluang ini dirasa mendorong produsen sepeda motor bergerak ke arah elektrifikasi.

Sebagai informasi, Indonesia merupakan negara ketiga di kawasan Asia Pasifik setelah Piaggio yang juga memiliki fasilitas produksi di Vietnam dan China. Secara global, Piaggio sudah memiliki 2 model produk melalui Vespa Elettrica dan Piaggio One.

Lokasi pabrik PT Piaggio Indonesia berada 35 kilometer sebelah timur Jakarta. Fasilitas ini memiliki kapasitas produksi 10 ribu per tahun. Pabrik tersebut berdiri di atas lahan seluas hampir 6 hektar.

Simak videonya “Kenapa sepeda motor listrik ‘belum laku’ di Indonesia?”
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)