Kejuaraan Karate Internasional WKF Series A 2022: Indonesia Raih 11 Medali


Jakarta

Indonesia meraih tiga medali emas pada Kejuaraan Karate Internasional WKF Seri A 2022. Total, Indonesia sebagai tuan rumah meraih 11 medali

Tiga medali emas diraih tim kata putri, tim kata putra, kumite putri +68 kg. Indonesia meloloskan enam wakilnya di final empat Kejuaraan Karate Internasional yang digelar di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (20/11/2022).

Babak final digelar untuk nomor beregu putra yang menghadirkan pertandingan antara tim nasional PB FORKI (Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardhana, dan Albiadi) melawan tim DKI Jakarta (Mohammad Zidane Bhagaskara, La Ode Andinudin dan Chandra. Nevo).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Kemudian tim putri yang mempertemukan timnas PB FORKI (Emilia Sri, Anugrah Nurul, dan Dian Monika) melawan tim asal Jawa Barat. Sedangkan dua nomor kumite lagi bertanding.

Nur Anggraini Annisa melawan Chandran Shahmalarani (Malaysia) di nomor kumite putri -50 kg. Serta nomor kumite +68 kg putri yang bertanding melawan Rakawuni Banurea Dessynta v Sullivan Hannah (Australia).

Kejuaraan Karate Internasional Seri A WKF 2022 Foto: PB Forki

Dari empat itu, Indonesia berhasil membawa tiga emas dan tiga perak. Tiga medali emas dipersembahkan oleh tim putri Jawa Barat (Indonesia), dan tim putra diraih oleh Timnas PB FORKI, serta Dessynta yang juga meraih medali emas di nomor kumite +68 kg.

Sedangkan medali perak diraih oleh tim putra tim DKI Jakarta (Indonesia), tim putri Timnas PB FORKI, dan Annisa di nomor kumite -50 kg.

“Alhamdulillah hari ini adalah hari terakhir penyelenggaraan WKF Jakarta Series 2022. Seperti yang sudah kami lakukan dari awal, kami bekerja keras agar Indonesia yang ditarget dalam ajang karate berhasil dalam penyelenggaraan dan pencapaian target,” Sekjen PB FORKI Raja kata Sapta Ervian dalam keterangan pers, Minggu (20/11/2022).

“Terkait target kemarin kita targetkan satu medali emas. Alhamdulillah target itu tercapai, bahkan dua emas lagi kita raih karena seluruh Indonesia masuk final. Jadi saya kira ini kerja keras para atlet, pelatih, dan sejauh ini kerja keras mereka telah memenangkan kita akan melihat hasilnya di ajang internasional,” imbuhnya.

Ervian menjelaskan, usai Kejuaraan Karate Internasional WKF Seri A 2022, para atlet akan bersiap menghadapi Kejuaraan AKF Senior, Cadet, Youth, U21 & Para-Karate 2022 di Tashkent, Uzbekistan, 16-20 Desember 2022.

“Untuk Timnas, setelah Seri A kita sedang mempersiapkan Kejuaraan Asia di Uzbekistan Desember ini. Yang jelas, persaingan di sini cukup kompetitif. Bahkan kita sudah pernah lihat sebelumnya seperti Jepang yang masih kuat perolehannya. dari jumlah individu laki-laki dan perempuan berhasil,” kata Ervian.

“Jumlah kumite juga cukup merata dari berbagai negara. Apalagi di ajang ini ada 65 negara yang ikut. Jadi dari segi jumlah kumite sangat kompetitif karena walaupun karate dari Jepang, sekarang masuk kawasan Eropa. Tapi Indonesia bisa bersaing dan berimbang,” kata Ervian.

Selain tiga medali emas dan tiga perak, Indonesia juga meraih lima medali perunggu dari lima nomor. Hasil ini juga merupakan prestasi terbaik Indonesia sepanjang sejarah karena mampu berprestasi di kancah dunia. Pasalnya, selama kejuaraan WKF Indonesia tidak mendapatkan emas untuk kategori senior.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari yang menyaksikan langsung final Kejuaraan Karate Internasional Seri A WKF 2022 mengapresiasi kerja keras PB FORKI dalam menggelar ajang karate internasional.

“Kami dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bangga PB FORKI berhasil meraih juara Seri A di Jakarta. Dari tiga hari penyelenggaraan berjalan dengan baik,” ujar Oktohari di ajang yang sama.

“Kami juga ingin menyampaikan bahwa karate juga merupakan salah satu nomor yang akan diikutsertakan dalam ANOC World Beach Games (AWBG) 2023. Tentunya melalui ajang ini akan ada proses kualifikasi yang sangat baik dan kita lihat dan nantikan FORKI untuk mendapatkan tim terbaik untuk ditampilkan di AWBG,” harap Oktohari.

Perolehan Medali Indonesia pada Kejuaraan Karate Internasional Seri A WKF Tahun 2022 :

Medali emas:

Tim Kata Wanita (Arkani, Pitaloka, Resta)

Kata Tim Putra (Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardhana, dan Albiadi)

Kumite Putri +68 kg Rakawuni Banurea Dessynta

Medali perak:

Kata Tim Putri
Kata Tim Putra
Kumite Putri -50 kg Nur Anggraini Annisa

Medali perunggu :

Perempuan Ucap Damayanti Marzella Sekar
Kumite Putri -50 kg Devi Ida Seri
Kumite Putri -68 kg Zefanya Ceyco Georgia
Kata Pria Ramadhan Hazel
Kumite Putra +84 kg Sandi Firmansyah.

(af/yna)