Kenapa Tidak Ada Pilihan Mesin Diesel di Toyota Innova Zenix?


Jakarta

All New Toyota Kijang Innova Zenix resmi diluncurkan di Indonesia. Namun Toyota Kijang generasi ketujuh menyisakan pilihan mesin diesel, hanya tersedia pilihan mesin hybrid dan bensin. Mengapa Toyota menghilangkan opsi mesin diesel?

Chief Engineer Toyota Motor Corporation (TMC), Hideki Mizuma mengatakan, kehadiran mesin hybrid sebagai pengganti diesel merupakan langkah maju. Karena mesin hybrid lebih irit dan nyaman digunakan.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Kami pikir sebelumnya. Apa ekspektasi pelanggan. Dari situ ada beberapa syarat, pertama soal running cost atau biaya. Untuk running cost, hybrid lebih bagus. Dari segi torsi, hybrid lebih bagus, dari segi kapabilitas juga. Untuk pengendalian dan lainnya juga sangat bagus. Dan untuk kota besar yang macet seperti Jakarta, dalam kondisi seperti itu mobil ini bisa menawarkan pengalaman yang menyenangkan,” kata Mizuma di Jakarta, Senin (21/11/2022).

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy menambahkan, Toyota terus memasarkan pilihan mesin diesel pada Kijang Innova atau generasi ‘Innova Reborn’ sebelumnya. Namun, produksi ditujukan untuk pasar armada dan akan diproduksi sesuai permintaan atau kebutuhan.

“Jadi untuk pengguna, khususnya pengguna armada yang masih membutuhkan model lama, kami tetap menjual tipe G, baik bensin maupun solar. Jadi jika masih membutuhkan, masih bisa dipesan,” kata Anton di acara yang sama.

Anton juga menjelaskan bahwa mobil hybrid Innova dan Innova baru lebih irit bahan bakar dibandingkan mesin diesel, sehingga tidak ada alasan bagi Toyota untuk menghadirkan varian mesin diesel pada Innova Zenix.

“Soal konsumsi bahan bakar, konsumsi bahan bakar mobil diesel lama kurang lebih 1 liter berbanding 14 km. Yang baru, bensin pun sudah 1 liter berbanding 15 km. Toh hybrid 1 liter berbanding 21 km . Jadi dari segi ekonomi baik bensin maupun hybrid lebih irit dari solar,” lanjut Anton.

“Baik dari segi akselerasi, mobil ini memiliki mesin baru, bobot yang lebih ringan, rasio power-to-weight yang lebih baik, sekitar 70% (lebih baik). Akselerasi 0-100 kpj lebih baik, bensin lebih baik dari diesel apalagi hybrid. Jadi harapan kami para pengguna bisa mencoba langsung bagaimana keekonomian dan performa dari mobil baru ini nantinya,” ujarnya.

Simak Video “Takjub dengan Kecanggihan Toyota Innova Zenix Hybrid”
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)