Mesin Ertiga dan XL7 Dipasang ke Baleno, Irit atau Boros?


Jakarta

Suzuki punya jagoan baru di kelas city car. Mobil ini dirancang untuk menantang Toyota Yaris, Honda City Hatchback, dan Mazda 2.

Ya! Ia merupakan generasi terbaru dari Suzuki Baleno. Baleno kini hadir dengan mesin yang sama dengan Ertiga dan XL7.

Suzuki mengklaim mesin K15B yang dipasang di Baleno memiliki tenaga 104,6 PS pada 6.000 RPM dan torsi 138 Nm pada 4.400 RPM. Meski angka torsi tenaganya bukan yang terbaik di kelasnya, namun menurut kami mesin ini sangat cocok untuk Baleno.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Pas artinya sesuai. Mesin K15B di Baleno tidak terasa terlalu bertenaga. Apalagi dengan transmisi otomatis hidraulik 4 percepatan yang terbilang ‘halus’, membuatnya terasa seperti perpaduan yang pas.

Namun penggunaan model transmisi jenis ini untuk Baleno A/T sudah cukup ketinggalan jaman. Meski kompetitornya sudah mengusung transmisi 6 percepatan responsif seperti Mazda 2, atau transmisi CVT seperti City Hatchback dan Yaris, Suzuki tetap puas dengan model transmisi jenis ini.

Andai saja Suzuki mau bermain di luar zona nyaman dan menghadirkan Baleno dengan CVT, pasti lebih cocok sebagai city car. Terlebih lagi, mesin irit alami ini bisa memiliki performa yang lebih irit. Kan, untuk mobil harian?

Konsumsi BBM rata-rata Suzuki Baleno di jalan tol Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Bicara soal ekonomi, Suzuki Baleno dengan mesin lebih besar memang sangat irit. Kami telah mengulang pengujian berkali-kali untuk membuktikan efisiensi bahan bakarnya.

Untuk rute harian dalam kota, dengan kecepatan rata-rata 25 kpj Suzuki Baleno mampu mencatatkan angka konsumsi bahan bakar rata-rata 14,6 km per liter.

Sedangkan untuk pengujian di jalan tol, di mana mobil justru bergerak lebih cepat dengan kecepatan rata-rata 90 kpj, Suzuki Baleno mampu mencatatkan angka konsumsi bahan bakar rata-rata 19,3 km per liter. Luar biasa.

Jadi menurut kami penggunaan mesin K15B di Baleno memang layak. Tidak hanya untuk efek berkendara yang lebih bertenaga, mesin ini juga hadir dengan campuran yang efisien untuk mobil ‘tempur’ harian.

Simak video “Review New Suzuki Baleno: Murah, Irit, Enak! City Car Paling Berharga”
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)