Mobnas Vietnam Mulai Dikapalkan ke Negeri Paman Sam


Jakarta

Pabrikan mobil Vietnam VinFast telah mulai mengirimkan 999 mobilnya ke negara Paman Sam itu. Ini adalah gelombang pertama pengiriman mobil listrik merek Vietnam sebagai bagian dari langkah untuk mengembangkan pusat produksi mobil di ASEAN untuk pasar Amerika Utara dan Eropa.

Rencananya mobil tersebut akan pertama kali diterima konsumen di AS pada akhir Desember. Melansir The Business Times, Chief Executive Vinfast Le Thi Thu Thuy mengatakan SUV elektrik VF 8 akan dikirimkan ke pemasok mobil langganan US Autonomy dan sebagian juga akan dikirimkan ke garasi pengguna yang telah melakukan pre-order.

Adapun pengiriman gelombang kedua akan dilakukan pada bulan Januari. AS sendiri menjadi negara pertama yang menjadi tujuan ekspor VinFast. Sedangkan VinFast masih membangun pabrik mobil listrik di North Carolina. Saat ini, VinFast masih menunggu keputusan akhir dari regulator AS serta memperoleh persetujuan untuk membangun pabrik tersebut.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Thuy juga mengatakan dalam pernyataannya bahwa dia akan memulai kegiatan produksi di pabrik North Carolina pada Juli 2024. Mobil listrik tersebut dibangun agar dapat menerima insentif di bawah aturan pengurangan inflasi yang ditandatangani oleh Presiden AS Joe Biden.

Meski terbilang pendatang baru, VinFast memang cukup serius menggarap pasar otomotif di AS. Tak ayal, VinFast pun membidik Tesla sebagai pesaing potensial di Negeri Paman Sam itu.

Memiliki pabrik di North Carolina, VinFast menargetkan mampu membangun 150.000 mobil listrik pada 2026. Jika angka itu dibuat dengan target produksi di Vietnam, jumlahnya mencapai 750.000 unit kendaraan per tahun.

Untuk mencapai target tersebut, VinFast telah merekrut 8 ribu pekerja baru di Vietnam yang akan ditugaskan mulai Agustus dan September. Saat ini jumlah karyawan mereka hanya sekitar 6 ribu karyawan.

VinFast juga mengonfirmasi akan mempekerjakan 7.500 pekerja tambahan untuk kemudian ditugaskan ke pabrik baru mereka di North Carolina.

Simak Video “Pajero Sport Challenge, Ini Spesifikasi dan Harga Chery Tiggo 8 Pro”
[Gambas:Video 20detik]
(kering/lh)