Pemainnya Sudah Banyak, Kok Chery Nekat Masuk ke Pasar SUV Indonesia?


Jakarta

Setelah gagal dua kali dan hengkang dari pasar Indonesia, pabrikan mobil China, ceri kembali ke Tanah Air. Sebagai perkenalan awal, mereka menghadirkan sederet mobil SUV seperti seri Tiggo dan Omoda 5.

Jika seri Tiggo sudah resmi diluncurkan dan dijual ke konsumen, maka Omoda 5 baru akan diluncurkan tahun depan. Itu pertanda, di tahun pertama setelah masuk ke Indonesia, fokus utama Chery adalah bermain di segmen SUV.

Meski begitu, keputusan Chery untuk masuk ke pasar SUV Indonesia diyakini akan menghadapi berbagai tantangan. Sebab, segmen ini saat ini sangat ketat. Padahal, pemain utamanya adalah merek-merek raksasa dari Jepang dan Eropa.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Seri Chery Tiggo resmi diluncurkan di Indonesia. Foto: Rifkianto Nugroho

Melalui wawancara eksklusif detikOto di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Presiden Direktur Chery Indonesia, Shawn Xu menyadari bahwa saat ini MPV masih merajai penjualan mobil di Indonesia. Padahal, menurutnya MPV dan Indonesia seperti dua hal yang hampir mustahil dipisahkan.

Namun, kata dia, model dengan pertumbuhan peminat paling signifikan adalah SUV. Untuk itu, saat ini ia ingin fokus bermain di pasar tersebut.

“Kalau kita melihat pasar otomotif di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, atau Indonesia, kita bisa mengelompokkan (mobil favorit masyarakat) melalui satu kata kunci. Misalnya bicara Thailand, kita langsung terpikir pickup. Indonesia, kami memikirkan MPV, kata Shawn Xu.

“Tapi kita semua mungkin sudah tahu, penggemar SUV berkembang pesat di Indonesia. Situasi ini membuat permintaan model semakin beragam,” imbuhnya.

Chery Tiggo 7 Pro foto: PT Chery Sales Indonesia

Diketahui Chery sendiri baru saja memperkenalkan Tiggo 7 dan 8 Pro untuk pengguna di Indonesia, Rabu (23/11/2022). SUV tersebut sudah pernah tampil di beberapa pameran besar di Indonesia. Setelah seri Tiggo, Omoda 5 dan Omoda 5 EV akan menyusul tahun depan.

Sejauh ini, Chery Indonesia belum mengungkapkan rencana meluncurkan kendaraan lain di luar model SUV.

Simak video “Bersiaplah! Toyota berencana menjual mobil listrik bZ4X di Indonesia”
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)