Resep Pichi-Pichi Camilan Singkong Khas Filipina yang Gurih Manis

Jakarta

Singkong juga enak sebagai cemilan manis yang nikmat. Seperti ini mudahnya membuat pichi khas filipina. Dilapisi parutan kelapa dan keju rasanya lebih enak.

Seperti Indonesia, Filipina pun mengakui berbagai persiapan tapioka. Dimasak sebagai sayur atau diolah menjadi bubur untuk cemilan. Pichi-pichi mirip dengan jajanan centil Jawa.

Bedanya pichi-pichi menggunakan air kelapa dan dilapisi keju cheddar parut. Teksturnya kenyal dan legit dengan rasa manis dan asin dari taburannya. Cocok dinikmati dengan kopi pahit.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Camilan murah ini mudah dibuat. menggunakan tapioka segar atau baru dan siapkan dengan petunjuk resep di bawah ini. Jangan lupa simak tips membuatnya pichi-pichi, kenyal, legit, enak, bahkan lebih nikmat.

Resep Pichi-Pichi Cemilan Singkong Filipina

Jajanan singkong khas Filipina ini rasanya unik. Manis asam kenyal.

Durasi Bagian Tingkat Kesulitan 90 menit sedang 10Asal Masakan : FilipinaKategori Masakan : makanan ringan

Bahan:

500 g tapioka parut 500 ml air kelapa 1 sdt air kapur 100 g gula pasir 1/4 sdt garam 2 tetes esen pandan bening atau vanili Topping: 100 g kelapa parut kasar 100 g keju cheddar parut

Cara Membuat Pichi-Pichi:

Siapkan kukusan beri air secukupnya dan biarkan mendidih. Dalam mangkok masukkan singkong parut, air kelapa, air putih jeruk nipis dan gula pasir, aduk hingga gula larut. Tambahkan esens atau pewarna jika suka. Tuang adonan ke dalam cetakan persegi panjang atau kecil sesuai selera yang sudah diolesi sedikit minyak.masukkan ke dalam kukusan lalu kukus selama 50 menit hingga matang dan bening.keluarkan dari kukusan,dinginkan lalu simpan di lemari es selama 30 menit. Setelah agak keras, keluarkan dari cetakan. Lapisi setiap irisan dengan kelapa parut dan keju parut, lalu sajikan. Singkong untuk pichi-pichi khas Filipina. Foto: iStock/doc. Propaktan

Tips membuat Pichi-Pichi:

1. Untuk mendapatkan tekstur yang lembut, pilihlah singkong yang baik dan segar atau batalkan saja.
2. Jika tidak ada, air kapur bisa dibuang.
3. Setelah adonan tapioka Jika sudah benar-benar dingin dan keras, bisa langsung dipotong dan ditutup dengan keju atau parutan kelapa.

Tonton video “Masak Masak: Tips Membuat Cemilan dari Kacang Mete Manis”
[Gambas:Video 20detik]
(ganjil/ganjil)