Resep Tumis Baby Bokchoy dan Jamur ala Restoran yang Segar Gurih

Jakarta

Sayur tumis ala resto ini rasanya renyah, segar dan nikmat. Ini bisa menjadi pilihan lauk yang enak menjelang akhir bulan. Masak dan sajikan segera untuk rasa segar.

Bokcoy dikenal sebagai sendok mustard. Basisnya menggembung seperti sendok dan renyah. Ada jenis kecil atau baby bokchoy dan ada juga yang berukuran besar. Keduanya enak digoreng.

Bahan tumisnya cukup sederhana yaitu bawang putih dan bawang merah serta saus tiram. Jamur shiitake yang kenyal dan beraroma umami membuat tumisannya semakin nikmat.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Hanya perlu beberapa menit untuk membuat tumisan bok choy seperti restoran ini. Daftar bumbu, langkah pembuatan dan tips berikut bisa Anda lihat pada resep di bawah ini.

Resep Jamur Tumis Baby Bokchoy ala Restoran

Bokchoy yang segar dan renyah terasa lebih nikmat jika dipadukan dengan jamur shitake dan saus tiram yang nikmat.

Bagian Tingkat Kesulitan Durasi 30 menit Mudah 4Asal Masakan : IndonesiaKategori Masakan : Sayuran

Bahan:

10 buah baby bokchoy ukuran sedang Saus tiram: 2 sdm minyak sayur 1/2 sdt minyak wijen 2 siung bawang putih, cincang 20 g bawang bombay, cincang kasar 5 jamur shitake, potong setengah 3 sdm saus tiram 1 sdm kecap manis 1 sdm kecap. 1 sdm bubuk sop jamur 1/2 sdt merica bubuk 1/2 sdt garam 200 ml air

Cara membuat tumis bokchoy dan jamur :

Buang daun bokchoy dari tongkolnya lalu cuci bersih dan tiriskan Rebus air secukupnya hingga mendidih di dalam panci, tambahkan 1 sendok makan minyak sayur dan sedikit garam. Angkat dan tiriskan. Siapkan piring saji, tata bokchoy di atas piring. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan harum. Masukkan jamur, aduk hingga layu dan berwarna gelap. Tambahkan saus tiram, kecap manis, kaldu jamur, merica. dan air lalu biarkan mendidih sebentar lalu angkat. Tuangkan di atas bokchoy dan sajikan hangat. Jamur shittake untuk menumis bokchoy. Foto: iStock

Tips membuat tumis baby bokchoy dan jamur :

1. Pilih bok choy ukurannya sama dengan yang masih segar dengan daun yang masih menempel di bonggolnya. Pastikan untuk membersihkan bokchoy di bawah air mengalir agar pasir dan kotoran larut.
2. Jamur shiitake bisa digunakan segar atau kering. Jika menggunakan kering, rendam dalam air panas hingga lembut dan mengembang lalu tiriskan.

Tonton Video “Bikin Lapar: Coba Seafood Legendaris di Belitung”
[Gambas:Video 20detik]
(ganjil/ganjil)