Ringgo Agus Dirawat di RS Gegara DBD, Ini Gejala yang Dikeluhkan


Jakarta

Aktor Ringgo Agus Rahman atau biasa disapa ‘Ringgo Agus’ mengabarkan bahwa dirinya kini terjangkit demam berdarah (DBD). Ia mengatakan, dirinya kini dalam keadaan ‘tersiksa’ karena kondisinya fluktuatif, kadang menggigil, kadang demam.

“Terima kasih atas semua ucapan teman-teman yang tidak bisa saya jawab satu persatu. Sekarang benar-benar menyiksa, kadang menggigil kadang panas, belum tidur dari tadi malam huhuhuhu,” ujarnya di akun Instagramnya. . , @ringgoagus, Rabu (23/11/2022).

“Mars kirain tahun lalu dia kena DBD di usia satu tahun, dia nggak tega,” kata Ringgo lagi dalam unggahannya di fitur Instagram Story.

Dikutip dari situs Mayo Clinic, demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebarkan oleh nyamuk. Umumnya penyakit ini terjadi di daerah tropis dan subtropis di dunia.

Pada kasus ringan, demam berdarah menyebabkan demam tinggi dan gejala mirip flu. Namun, pada kasus yang lebih parah, demam berdarah dengue dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba (syok), dan risiko kematian.

Demam berdarah menyebabkan demam tinggi yang bisa mencapai suhu 40 derajat Celcius. Gejala ini disertai dengan tanda-tanda lain seperti:

Sakit kepala Nyeri otot, tulang, atau sendi Mual Muntah Nyeri di belakang mata Kelenjar bengkak Ruam

DBD parah terjadi ketika pembuluh darah rusak dan bocor. Jumlah sel pembentuk gumpalan (trombosit) dalam aliran darah berkurang, menyebabkan syok, pendarahan internal, kegagalan organ, dan risiko kematian.

Tanda peringatan pada kasus demam berdarah yang parah biasanya muncul pada hari pertama atau kedua setelah demam mereda, dengan gejala sebagai berikut:

Sakit perut yang parah Muntah terus-menerus Pendarahan dari gusi atau hidung Darah dalam urin, feses atau muntah Pendarahan di bawah kulit, yang mungkin terlihat seperti memar Kesulitan atau pernapasan cepat Kelelahan Lekas ​​marah atau gelisah

Tonton Video “Awasi Gantungan Baju Anda, Nyamuk Berbau Seperti Manusia”
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)