Anggota DPR Soroti PHK GoTo hingga Ruangguru, Singgung Pesangon dan JKP

Jakarta

Pemutusan pekerjaan (PHK) startup atau startup ‘raksasa’ di tanah air. Baru-baru ini, PHK massal melanda Shopee, GoTo, dan Ruangguru.

Pakar bisnis Rhenald Kasali menolak hal tersebut PHK Massa ini disebabkan oleh resesi. Sebab, jika terjadi resesi, tidak ada uang yang mengalir.

“Di masa resesi itu ada penurunan lalu terus menurun. Ternyata setelah mereka PHK pekerja, struktur gaji turun, biaya turun, harga saham naik. Artinya orang beli saham lagi, artinya ada uangnya,” ujarnya dalam Tolak Miskin Podcast. detikcomSelasa (22/11/2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Jadi pasti bukan karena resesi, kalau tidak ada uang untuk resesi dan orang-orang menghindari semuanya,” tambahnya.

Ia menjelaskan, dalam laporan keuangan Kuartal I 2022 GoTo, beban gaji mencapai Rp 3,5 triliun. Sedangkan pendapatannya hanya Rp 1,49 triliun.

“Perusahaan mana yang bisa bertahan kalau gaya manajemennya seperti ini. Artinya mismanagement. Kenapa membiarkan orang yang punya gaya hidup Google atau Facebook,” ujarnya.

Hal itu berlanjut hingga semester I 2022. Beban gaji GoTo tercatat Rp 7,4 triliun, sedangkan pendapatannya hanya Rp 3,4 triliun.

“Artinya kita harus memangkas biaya karena beban biaya terlalu besar,” jelasnya.

Rhenald mengatakan hal yang sama terjadi pada Ruangguru. Selain itu, topik yang diajarkan Ruangguru mudah didapatkan di platform lain secara gratis.

“Sekarang saya melihat topik yang diajarkan, mengapa saya harus membayar Rp 500.000 atau Rp 900.000 untuk tutorial make up,” jelasnya.

(acd/eds)