Schumacher Didepak Haas, Digantikan Hulkenberg


Jakarta

Nico Hulkenberg dipastikan akan kembali ke Formula 1 pada 2023. Ia akan membalap untuk Haas, menggantikan Mick Schumacher yang kontraknya tidak diperpanjang.

Hulkenberg, 35, terakhir kembali ke balapan F1 penuh pada 2019 saat membela Renault. Selama tiga musim terakhir, dia menjadi pembalap cadangan Aston Martin (sebelumnya Racing Point) dan telah mengikuti lima balapan.

Namun menjelang akhir musim 2022, Haas memutuskan untuk kembali menggunakan duo pembalap berpengalaman. Hulkenberg juga dipilih untuk bermitra dengan Kevin Magnussen, yang telah bergabung kembali sejak tahun ini.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Saya senang bisa kembali membalap selama satu musim penuh bersama Haas di F1 2023. Saya rasa saya tidak pernah meninggalkan Formula 1,” kata Hulkenberg seperti dikutip dari Crash.

“Saya senang dengan kesempatan ini, untuk melakukan apa yang saya lakukan lagi, dan saya berterima kasih kepada Gene Haas dan Gunther Steiner atas kepercayaan mereka. Kami memiliki kewajiban untuk bersaing dengan tim lain di lini tengah, saya tidak sabar untuk mendapatkannya. kembali balapan,” jelas pebalap Jerman itu.

Schumacher mengungkapkan kekecewaannya karena kehilangan tempatnya di F1 tahun depan melalui media sosial. Meski begitu, ia bertekad untuk kembali ke grid di masa mendatang.

Hulkenberg akan kembali ke F1 sebagai pembalap utama untuk terakhir kalinya pada 2019. Foto: Getty Images/Clive Mason

“Saya tidak ingin menyembunyikan fakta bahwa saya sangat kecewa karena kontrak saya tidak diperpanjang. Tapi saya tetap berterima kasih kepada Haas dan Ferrari atas kesempatan ini,” tulis Schumacher.

“Itu adalah periode yang sulit tetapi saya belajar banyak dan berkembang, dan saya tahu saya pantas berada di Formula 1. Pintu belum tertutup bagi saya. Langkah mundur hanya akan membuat saya lebih kuat.

“Saya masih bergairah dengan Formula 1 dan saya akan berjuang untuk kembali ke grid,” pungkas putra legenda Ferrari Michael Schumacher itu.

Musim ini, performa Schumacher memang kurang memuaskan. Dari 19 seri yang digelar, total poin (12) lebih sedikit dari Magnussen (25). Selain itu, ia mengalami sejumlah kecelakaan yang dinilai merugikan Haas secara finansial musim ini.

Sejauh ini, seluruh kursi Formula 1 2023 telah terisi. Schumacher kemungkinan besar akan mendapatkan peran sebagai pembalap cadangan di tim lain. Saat ini, dia dikaitkan dengan Mercedes yang kehilangan Nyck de Vries untuk bergabung dengan AlphaTauri.

F1 2022 tinggal menyisakan satu seri lagi yaitu GP Abu Dhabi yang akan berlangsung pada 18-20 November di Sirkuit Yas Marina.

(adp/aff)