Sejauh Apa Keseriusan Indonesia Mau Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036?


Jakarta

Indonesia disebut sangat serius mempersiapkan tuan rumah Olimpiade 2036. Sejauh mana?

Setelah gagal menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Indonesia terus berupaya untuk bisa menjadi tuan rumah perhelatan terbesar dunia di masa depan.

Menggelar Olimpiade pada 2036 dinilai sebagai waktu yang tepat untuk mengajukan kembali menjadi tuan rumah ajang multi event itu setiap empat tahun sekali.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Apalagi, Presiden RI Joko Widodo secara langsung menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Menanggapi hal tersebut, Menteri Zainudin Amali juga menegaskan hal tersebut. Indonesia disebut sangat serius mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 di Ibukota Negara Indonesia (IKN).

Ia percaya diri karena telah mendapatkan banyak pengalaman dalam menyelenggarakan event olahraga internasional.

“Kami sangat serius menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Jadi ketika ditanya seberapa seriusnya, kami sangat serius,” kata Menteri Zainudin Amali dalam keterangan tertulis, Kamis (17/11/2022).

Amali juga menyebut sejumlah event olahraga yang sukses digelar Indonesia. Diantaranya Asian Games 2018 dan Para Asian Games 2018. Menurutnya, event olahraga tersebut berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

Tak hanya itu, Menpora asal Gorontalo juga menyebut keberhasilan Indonesia menggelar World Superbike hingga MotoGP di Mandalika. Tak ayal, ia yakin Indonesia mampu memenuhi syarat menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

“Berdasarkan banyaknya event kelas dunia yang sukses di Indonesia, kami siap memenuhi syarat menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Itu harapan kami,” jelas Menkeu.

Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach menanggapi rangkaian keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah multi event dan single sport event sebagai modal bagus untuk maju.

“Saya melihat banyak potensi untuk mensukseskan perhelatan di Indonesia. Tentunya juga didukung oleh kesuksesan Asian Games di Indonesia yang memukau tidak hanya Asia tetapi juga dunia internasional,” ujar Bach.

Bach pun memberikan apresiasi dan pujian atas pernyataan Presiden Joko Widodo terkait tekadnya untuk membawa olahraga sebagai alat pemersatu. Hal itu, kata dia, sesuai dengan semangat Olimpiade selama ini.

“Sesuai keterangan Presiden Joko Widodo, beliau telah memberikan semangat olimpiade yaitu untuk persatuan olah raga, olah raga dapat memberikan sumbangsih untuk persatuan dan kebersamaan,” ujar Bach.

(mcy/afff)