Pernah Gagal 2 Kali, Apa yang Bikin Chery Pede Balik Lagi ke Indonesia?


Jakarta

Setelah gagal dua kali di Indonesia, pabrikan mobil China itu, ceri kembali ke Tanah Air. Kini, untuk meyakinkan para pengguna, mereka mulai membangun beberapa fasilitas. Tidak hanya pabrik dan dealer, mereka juga mendirikan gudang suku cadang atau gudang suku cadang yang megah.

Gudang suku cadang mobil mewah Chery Indonesia dibangun di Cikarang, Jawa Barat, dengan luas 4.000 meter persegi. Kemudian melalui fasilitas ini, perusahaan akan mendistribusikan kebutuhan purna jual ke distributor resmi di seluruh Indonesia.

Presiden Direktur PT Chery Motor Indonesia (CMI), Shawn Xu mengatakan, pembangunan gudang suku cadang yang megah di Cikarang membuktikan komitmennya terhadap pasar otomotif Indonesia. Sebab, menurutnya untuk membangun kepercayaan konsumen, layanan purna jual dan suku cadang perlu diperkuat.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Gudang Suku Cadang Chery di Cikarang. Foto: Chery Motor Indonesia.

Shawn mengklaim, saat ini proses pembangunan gudang suku cadang Chery sudah hampir selesai dan dapat beroperasi penuh dalam waktu dekat.

“Kami berkomitmen untuk membangun gudang suku cadang di Cikarang. Saat ini (proses konstruksi) sudah mencapai 97 persen hingga selesai seluruhnya,” kata Shawn Xu saat sesi wawancara eksklusif dengan detikOto di Pantai Indah Kapuk (PIK), Utara Jakarta, baru-baru ini.

Apalagi menurut Shawn Xu, hampir semua suku cadang yang ada di gudang tersebut kini diimpor dari China. Namun, seiring berjalannya waktu, ia tidak menutup kemungkinan membuatnya di Tanah Air. Selain murah, langkah ini diyakini didukung pemerintah.

“Kebanyakan suku cadang (di gudang Chery) masih didatangkan dari China. Tapi kami tidak menutup kemungkinan selanjutnya akan dibuat di dalam negeri,” ujarnya.

Pemasangan perdana mobil Chery di Indonesia Foto: PT Chery Sales Indonesia

Sebelumnya, melalui keterangan yang disampaikan Chery Indonesia, mereka memastikan akan mendirikan gudang suku cadang kendaraan lainnya di Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Sehingga dengan begitu, proses distribusi suku cadang menjadi lebih cepat.

Selain gudang onderdil, Chery mengklaim telah mendirikan 20 distributor di Indonesia. Sedangkan pabrik mereka akan mulai beroperasi penuh pada 2025.

Simak Video “Truk Bermuatan Ayam Ditabrak Bus Primajasa di Tol Japek”
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/sfn)