Langganan Innova Zenix Tanpa Mikir Biaya Servis dan Pajak, Segini Harganya


Jakarta

Kijang Innova Zenix hybrid turut menyemarakkan lini produksi mobil Toyota di Indonesia. Kijang Innova Zenix diproduksi di pabrik Karawang Plant I milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Ini juga pertama kalinya Toyota memproduksi mobil hybrid di Tanah Air.

Tak hanya itu, Kijang Innova Zenix Hybrid juga mengukir sejarah sebagai model elektrik pertama Toyota Indonesia yang diekspor ke 13 negara di Asia, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

Langkah ini sejalan dengan komitmen untuk terus berkontribusi pada neraca perdagangan Indonesia. Seluruh New Kijang Innova direncanakan akan keliling ke lebih dari 40 negara, mulai dari Asia, Afrika, Amerika Latin dan Timur Tengah dengan volume yang direncanakan 8.500 unit/tahun pada tahun pertamanya.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Di Pabrik Karawang I TMMIN, Kijang Innova Zenix akan diproduksi bersama Toyota Fortuner. Di pabrik ini, Toyota memiliki kapasitas produksi hingga 130.000 unit per tahun.

Selain Innova Zenix dan Fortuner, Toyota diketahui memproduksi beberapa model lain di Tanah Air. Mobil Toyota ‘Made in Indonesia’ yaitu Yaris, Vios, Veloz, Calya dan Sienta diproduksi di pabrik Karawang II. Dalam setahun, pabrik bisa memproduksi 120.000 unit mobil jika semua kapasitas dimaksimalkan.

Tidak sampai disitu, ada juga beberapa model Toyota yang diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor. Semua model Toyota yang diproduksi di pabrik Daihatsu adalah kursi ganda. Artinya, Daihatsu juga memproduksi mobil yang sama dengan Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, Toyota Agya-Daihatsu Ayla, Toyota Rush-Daihatsu Terios, hingga Toyota Raize-Daihatsu Rocky.

Selain itu, keberadaan Kijang Innova Zenix memberikan lapangan kerja baru bagi 1.000 orang. Bahkan dalam perkembangannya, Toyota bekerja sama dengan lebih dari 100 rantai pasokan lokal pertama selain pemasok lokal lapis kedua dan ketiga. Pemasangan baterai hybrid Kijang Innova di pabrik TMMIN juga melibatkan 8 pemasok lokal.

Simak Video “Fortuner Buatan Indonesia Diekspor ke Australia, Beda Speknya?”
[Gambas:Video 20detik]
(kering/makan)