Tambah Kijang Innova Zenix, Ini Daftar Harga Mobil Hybrid di Indonesia


Jakarta

Pilihan mobil hybrid di Indonesia sekarang semakin banyak. Terbaru, PT Toyota-Astra Motor (TAM) merilis Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV.

Mobil hybrid ini diyakini sebagai ‘jembatan’ menuju era kendaraan listrik sepenuhnya. Konsumen dapat membantu mengurangi penggunaan bahan bakar fosil karena mobil hybrid lebih irit. Sebaliknya, mobil hybrid kurang mengandalkan infrastruktur pengisian daya listrik.

Kijang Innova ‘disetrum’ merupakan pendatang baru di kategori mobil hybrid. Saat ini pilihan mobil hybrid beragam, dari model SUV hingga mobil MPV. Ada banyak sistem hybrid yang ditawarkan. Ada yang hybrid ringan atau light hybrid, hybrid, hingga plug-in hybrid.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Berikut beberapa pilihan mobil hybrid di Indonesia beserta harganya.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid. Foto: Pradita Utama

Toyota baru saja meluncurkan Innova Zenix Hybrid EV. Mobil ini memadukan mesin bensin 2.000 cc dengan motor listrik.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV mengoptimalkan kontrol produksi tenaga pada mesin bensin dan motor listriknya. Innova Zenix Hybrid EV mengawinkan mesin TNGA 2.000 cc berkode M20A-FXS dengan motor listrik. Mesin bensin tersebut memiliki tenaga sebesar 152 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm. Sedangkan motor listriknya menghasilkan tenaga 113 PS dengan torsi 205,9 Nm. Tenaga gabungan dari sistem hybrid mencapai 186 PS.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV dijual mulai Rp 458 juta hingga Rp 614 juta.

Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid. Foto: Muhammad Ridho

Selanjutnya ada juga Toyota Corolla Cross Hybrid. Toyota Corolla Cross Hybrid hadir dengan mesin 2ZR-FXE. Mesin bensin 1.798 cc, 16 katup DOHC segaris empat silinder dengan VVT-i mampu menyemburkan tenaga maksimal 98 PS pada 5.200 rpm dengan torsi maksimal 142,1 Nm pada 3.600 rpm.

Mesin bensin tersebut dipadukan dengan sistem hybrid yang dilengkapi dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga 72 PS dan torsi maksimum 162,7 Nm.

Saat ini Toyota Corolla Cross Hybrid dijual dengan harga Rp 540.900.000.

Toyota Corolla Altis Hybrid

Toyota All New Corolla Altis Hybrid Foto: Pool (Toyota)

Selain Corolla versi crossover, Toyota juga menghadirkan sedan Corolla Altis Hybrid. Mesinnya sama dengan Corolla Cross Hybrid yakni mesin 1.798 cc berkode 2ZR-FXE. Saat ini Toyota Corolla Altis Hybrid dijual dengan harga Rp 565.600.000.

Toyota Camry Hybrid

Generasi keempat Toyota New Camry Hybrid di Indonesia. Foto: dok. Toyota Indonesia

Salah satu sedan mewah Toyota, Camry, juga tersengat listrik. Toyota Camry Hybrid hadir dengan mesin A25A-FXS hybrid empat silinder segaris 2.487 cc. Mesin bensin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 178 PS pada 5.700 rpm dengan torsi maksimal 220,6 Nm. Selanjutnya ada motor listrik 20,6 PS. Saat ini Toyota Camry Hybrid dijual dengan harga Rp 874.600.000.

Toyota CHR Hybrid

Toyota C-HR Hybrid Foto: Toyota Astra Motor

Lini hybrid terakhir dari Toyota adalah C-HR Hybrid. Toyota C-HR Hybrid dibekali mesin yang sama dengan Corolla Cross Hybrid dan Corolla Altis Hybrid. Performa tenaga dan torsinya sama.

Saat ini Toyota C-HR Hybrid dijual dengan harga Rp 586.200.000 hingga Rp 587.700.000.

Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki Ertiga Hybrid. Foto: Pradita Utama

Suzuki juga menghadirkan mobil hybrid melalui MPV andalannya, Suzuki Ertiga. Namun Suzuki Ertiga Hybrid dilengkapi dengan sistem hybrid ringan atau mild-hybrid.

Sistem hybrid pada Suzuki Ertiga mengusung teknologi Integrated Starter Generator (ISG) dengan baterai Lithium-ION yang menyimpan energi ke dalam baterai Lithium-ION, dan juga terdapat Auto Stop Engine saat kendaraan berhenti. Suzuki Ertiga Hybrid dibekali sistem Suzuki Smart Hybrid (K15B + ISG + Lithium Ion) 1.462 cc dengan tenaga maksimal 104,7 PS dan torsi 138 Nm.

Kini Suzuki Ertiga Hybrid dijual dengan harga Rp 270,3 juta hingga Rp 292,3 juta.

Wuling Almaz Hybrid

Wuling Almaz Hybrid. Foto: Luthfi Anshori/ detikOto

Wuling juga menghadirkan mobil hybrid melalui Wuling Almaz Hybrid yang baru diluncurkan. Mobil tersebut dibekali mesin Atkinson cycle 1.999 cc N/A empat silinder yang menghasilkan tenaga 124,7 PS dan torsi maksimum 320 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi Permanent Magnet Synchronous Motor dan Dedicated Hybrid Transmission (DHT). Mobil tersebut memiliki baterai 1,8 kWh Ternary Lithium-ion (NMC). Wuling Almaz Hybrid dijual dengan harga Rp470 juta.

Nissan Kicks e-Power

Nissan Kick E-Power Foto: Rizki Pratama

Selanjutnya adalah Nissan Kicks e-Power. Mobil hybrid Nissan ini cukup berbeda dengan hybrid dari pabrikan lain. Mesin bensin 1.200 cc pada Nissan Kicks tidak bertugas menggerakkan roda, melainkan sebagai generator untuk mengisi listrik ke baterai. Saat mengemudi roda adalah motor listrik.

Nissan Kicks e-Power hadir dengan mesin 1.198 cc 3 silinder dengan tenaga maksimal 128 PS dan torsi 260 Nm. Mobil ini memiliki transmisi e-Transmission. Mobil hybrid Nissan Kicks e-Power ini memiliki kapasitas baterai sebesar 2,13 kW. Kini, Nissan menjual Kicks e-Power dengan harga mulai dari Rp 482,8 juta.

Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV Foto: Faisal Fahriansyah/20 detik

Terakhir ada Mitsubishi Outlander PHEV. Mobil ini juga cukup berbeda dengan hybrid biasa. Mitsubishi Outlander PHEV hadir dengan sistem hybrid plug-in dimana baterainya dapat diisi menggunakan colokan layaknya mobil listrik. Jika infrastruktur SPKLU tidak ditemukan, maka mesin bensin akan berperan sebagai generator untuk mengisi ulang baterai.

Mitsubishi Outlander PHEV menawarkan tiga mode berkendara yaitu EV Drive Mode, Series Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode. Untuk EV Drive Mode, mobil ini digerakkan oleh motor listrik dan baterai dengan kecepatan maksimal 135 km/jam. Selanjutnya pada mode Series, motor akan menggerakkan kendaraan dengan listrik yang dihasilkan oleh mesin. Dan mode Paralel mesin akan menggerakkan mobil saat melaju dengan kecepatan tinggi dengan bantuan motor listrik saat dibutuhkan tenaga ekstra.

Mitsubishi Outlander PHEV saat ini dijual dengan harga Rp 898 juta, diskon dari Rp 1.322.700.000.

Simak Video “Ertiga Is Throne! Ini Daftar Mobil Hybrid Terlaris Hingga September 2022”
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)