Tim Hoki Batavia Demons Dulang Prestasi di Kancah Internasional


Jakarta

Tim hoki es Indonesia, Batavia Demons, menorehkan prestasi di kancah internasional dengan menjuarai Kejuaraan Hoki Es Klasik Land of Smiles yang diadakan di Bangkok, Thailand.

Kemenangan ini sekaligus mengukuhkan pencapaian Batavia Demons yang sebelumnya menjuarai Indonesian Ice Hockey League (IIHL) City Vision 2022.

Turnamen hoki yang dimenangi Batavia Demons ini merupakan ajang internasional yang diikuti oleh 38 tim dari berbagai negara di Asia dan Eropa Timur. Ini merupakan tahun ke-16 event olahraga tersebut digelar.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Di babak penyisihan, Batavia Demons sebagai klub hoki tertua di Indonesia berhasil mengalahkan tim Hitman Hong Kong, OT Lights Thailand dan Ramas Thailand untuk menjadi juara Grup D.

Setelah melewati babak penyisihan dengan gemilang, Batavia Demons melaju ke babak semifinal dan menang 5-2 atas Bajak Laut Tokyo dari matahari.

Di babak final, Batavia Demons menghadapi Tatra Eagles dari Slovakia yang merupakan salah satu tim terkuat di kompetisi ini.

Laga berlangsung sengit, kedua tim saling bertukar gol hingga babak berakhir dengan hasil imbang 4-4. Pada akhirnya pemenang ditentukan melalui babak perpanjangan waktu kematian mendadak yang merupakan kemenangan yang diperoleh melalui satu gol terakhir.

Di babak maut mendadak, Batavia Demons memberikan tekanan maksimal di menit pertama, sehingga pemain nomor 25 Eugene Lin berhasil mencetak gol.

Jonathan Sudharta, kapten tim Batavia Demons, bersyukur atas prestasi yang diraih timnya di tingkat internasional.

“Pertandingan berlangsung sengit karena peserta yang mengikuti kompetisi bergengsi ini merupakan klub-klub juara di negaranya masing-masing,” ujar Jonathan.

“Apalagi banyak klub yang berasal dari negara non tropis dan memiliki sejarah panjang dalam dunia hoki es,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut Jonathan menjelaskan, kemenangan Batavia Demons tidak lepas dari persiapan yang telah dilakukan sebelum kompetisi.

Salah satunya, tim Batavia Demons kerap menjajal ice rink di lokasi pertandingan terlebih dahulu. Hal ini diperlukan untuk mendapatkan tempo permainan yang tepat karena ukuran ice rink berbeda dengan di Jakarta.

Keikutsertaan kompetisi Batavia Demons in the Land of Smiles juga merupakan kompetisi internasional pertama yang diikuti klub hoki es Indonesia sejak wabah.

Sebagai tim hoki es yang mewakili Indonesia, Batavia Demons menyatakan kepercayaannya terhadap olahraga hoki es Tanah Air.

“Ini juga menjadi sinyal positif bagi potensi cabang hoki es Indonesia. Kemenangan yang diraih dapat memotivasi klub hoki es Indonesia lainnya untuk bersama mengharumkan nama negara di kancah internasional,” ujar Jonathan.

Pada bulan Maret 2023, Timnas Indonesia akan mengikuti kejuaraan hoki es dunia Divisi IV “IIHF World Ice Hockey Championship” dengan sebagian besar anggota tim merupakan anggota klub Batavia Demons.

“Dengan semangat mengharumkan nama negara, kami juga berharap kedepannya hoki es bisa lebih diminati masyarakat, apalagi jika bisa menjadi olahraga resmi di Indonesia.” tutup Jonatan.

Tonton Video “Olahraga Air Hoki Bawah Air yang Populer di Jakarta”
[Gambas:Video 20detik]
(lari/lari)